Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius

√ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Tech News, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius. Selamat menambah wawasan!

√ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius

Apakah kamu termasuk orang yang suka teka-teki?, jika iya, pastinya kamu akan tertantang untuk menjawab ataupun mengerjakan sebuah teka-teki, apalagi kalo teka-teki tersebut sudah menjadi perbincangan di dunia. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sebuah kelompok yang memberikan teka-teki yang sangat sulit untuk dikerjakan. Yaitu Cicada 3301.

Apa Itu Cicada 330?.

Cicada 3301 adalah sekelompok hacker dan kriptografer misterius yang sering membuat dan menyebarkan puzzle yang sangat sulit dipecahkan. Puzzle yang disebar biasanya berupa gambar yang disusupi data atau informasi rahasia berupa tulisan kecil pada gambar yang hanya dapat dilihat jika gambar tersebut dizoom 800 kali.

Kata-kata pada gambar harus disusun sehingga memiliki arti tertentu atau yang sulit berupa teknik menyembunyikan file yang hanya bisa dibaca dengan program sejenis steganography dan yang lainnya. Informasi itulah yang membawa kita sebagai pemecah kode ke tahapan selanjutnya dari permainan puzzle mereka.

Tidak terbatas pada teknik menyembunyikan informasi pada gambar, puzzle yang mereka buat juga melingkupi seni, teori angka, pemrograman, karya sastra kuno, steganography, hacking, dan berupa poster yang dimunculkan di berbagai kota di dunia. Permainan puzzle mereka ini biasanya selalu dimulai pada 5 januari tiap tahun.

Cicada 3301 ini mencari seseorang yang mempunyai kecerdasan tinggi untuk memecahkan kode yang mereka buat. Selanjutnya, jika ia berhasil memecahkan kode tersebut, ia akan mendapatkan hadiah dan akan direkrut menjadi member Cicada 3301.

Mengapa Bernama Cicada 3301?.

Cicada adalah hewan sejenis jangkrik atau tonggeret yang mempunyai siklus hidup 13 atau 17 tahun. 13 dan 17 merupakan angka prima. Sedangkan 3301 (seperti halnya 1033) juga merupakan angka prima. Sementara bilangan prima sangat diperlukan untuk banyak algoritma kriptografi.

Teka-teki ini muncul pertama kali pada tahun 2012.
Ini adalah teka-teki pertama Cicada 3301
Teka-teki tersebut sudah ada yang mencoba memecahkannya. Ia adalah Joel Eriksson, seorang kriptografer. Setelah selesai memecahkan gambar kesatu, ia mendapatkan alamat URL. Ketika dikunjungi, ada gambar lagi yang harus dipecahkan, begitu seterusnya. Hingga gambar terakhir, ia mendapatkan isi sebenarnya dari pesan berantai tersebut, yang berupa nomor telepon. Saat ditelepon, ia hanya mendapatkan rekaman suara yang mengatakan : "Very good. You have done well. There are three prime numbers associated with the original final.jpg image. 3301 is one of them. You will have to find the other two. Multiply all three of these numbers together and add a .com to find the next step. Good luck. Goodbye." Terjemahan yang artinya "Sangat bagus. Anda telah melakukannya dengan baik. Ada tiga bilangan prima yang terkait dengan gambar final.jpg asli. 3301 adalah salah satunya. Anda harus menemukan dua lainnya. Lipat gandakan ketiga angka ini menjadi satu dan tambahkan .com untuk menemukan langkah selanjutnya. Semoga berhasil. Selamat tinggal."

Setelah memecahkan instruksi yang diberikan, Joel Eriksson harus memecahkan gambar lagi dan seterusnya hingga ia mendapatkan angka koordinat peta. Setelah ia mendatangi tempat yang dimaksud angka koordinat peta itu, ia mendapatkan kode lagi untuk dipecahkan dan begitulah seterusnya.

Untuk mengaksesnya harus memerlukan software khusus, dan tidak bisa diakses di mesin pencari biasa seperti google, mozilla dan lain-lain.

Hingga sejauh ini, tak ada satu pun yang bisa menebak asal-usul, atau tujuan pasti teka-teki itu. Apakah ia hanya kampanye humas yang rumit untuk game terbaru? Apakah terkait rekrutmen badan intelijen seperti CIA, NSA, atau MI6? Atau jangan-jangan, hanya kerjaan orang iseng. Namun, mereka yang mengantisipasi kemunculan pesan yang sama di minggu pertama 2014 justru menemukan puluhan pesan yang mengaku berasal dari Cicada. Beberapa di antaranya amat rumit, namun belakangan terbukti palsu.

Akhirnya, sesaat sebelum pukul 23.00 pada 5 Januari 2014, sebuah akun Twitter yang sebelumnya digunakan oleh organisasi Cicada merilis pesan. Akun itu menggunakan gambar samar cicada untuk 700 followers-nya. "Hello," demikian pesan itu dibuka. "Epiphany is upon you. Your pilgrimage has begun. Enlightenment awaits. Good luck. 3301." Atau yang berarti "Halo. Epiphany ada pada Anda. Ziarah Anda telah dimulai. Pencerahan menanti. Semoga berhasil. 3301."
Namun, satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 4 Januari 2015, Cicada tidak merilis sebuah teka-teki. Baru pada tanggal 4 Januari 2016, teka-teki baru telah muncul.
Konon katanya setiap tahun tahap kesulitan teka-teki ini semakin bertambah. Apakah kamu tertarik untuk memecahkannya?


Penutup Artikel √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius

Demikian artikel √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2018/01/cicada-3301-kelompok-yang-suka-memberi.html

Artikel √ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius ini kami arsipkan pada kategori Tech News.

Post a Comment for "√ Cicada 3301, Kelompok yang Suka Memberi Teka-teki Misterius"