Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya

√ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Tech News, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya. Selamat menambah wawasan!

√ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya

Para gamer biasanya pernah mengalami berbagai macam hal yang mengesalkan dalam memainkan game di komputer. Mulai dari hang, crash, dll. Namun, apa kamu tahu apa itu Screen Tearing?

Pengertian Screen Tearing

Screen Tearing adalah keadaan dimana gambar yang ditampilkan tampak seperti terpotong-potong. Tentunya hal ini sangat menyebalkan bukan, sebab, membuat aktivitas nge-Game kita akan terganggu dan membuat gambar tidak nyaman untuk dilihat apalagi untuk game dengan tempo permainan yang cepat.

Penyebab Screen Tearing

Screen tearing terjadi ketika monitor dipaksa menampilkan FPS (jumlah gambar yang ditampilkan per detik) diluar batas refresh ratenya, dikarenakan GPU merender gambar yang terlalu banyak sehingga monitor yang dipaksa menampilkan FPS diatas kemampuan refresh rate-nya.

Monitor akhirnya menampilkan gambar yang tidak utuh dalam 1 frame dengan resolusi yang sama dengan monitornya, namun menampilkan tiap gambar yang memiliki gap render yang cukup jauh dari GPU dalam 1 frame penuh yang tentu akan menghasilkan efek terpotong-potong, karena memang monitor mencoba menyingkat frame berlebih itu dalam jangkauan refresh ratenya.

Cara Mengatasi Screen Tearing

1. Pertama
Mengatasi screen tearing sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan membatasi jumlah frame yang di render GPU agar tidak meluber dari jumlah refresh rate monitor.  Yaitu dengan memakai software Vsync. Vsync bekerja dengan memerintahkan GPU untuk tetap konsisten merender frame dalam jangkauan layar, misalnya jika monitor memiliki refresh rate 50hz, maka GPU akan dikunci untuk merender 50 frame per detik secara konsisten.

Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu dapat menyebabkan stuttering dimana gambar yang ditampilkan sejenak terhenti jika GPU tiba-tiba hanya mampu dibawah jumlah yang ditetapkan oleh vsync.

2. Kedua
Cara yang kedua adalah dengan mengaktifkan fitur freeync yang banyak tersedia di monitor gaming. Fitur freesync ini lebih efektif mengurangi screen tearing dan stuttering. Hanya saja, fitur itu hanya tersedia untuk monitor yang sudah di mendukung fitur tersebut yang berarti tidak semua monitor memiliki fitur freesync.

3. Ketiga
Cara terakhir adalah dengan membatasi jumlah frame yang di render secara manual dengan mengakses console dari game yang di mainkan dan memasukan kode tertentu agar GPU hanya merender jumlah maksimum frame yang ditentukan saja.

Namun, perlu di ingat tidak semua game menyediakan console untuk memasukan perintah membatasi jumlah frame yang di render.

Kesimpulan

Screen Tearing adalah masalah pada pemrosesan gambar oleh monitor komputer ketika refresh rate monitor terlambat untuk menyesuaikan refresh rate kartu grafis. Mengatasi Screen Tearing bisa dilakukan dengan cara memakai software vsync, mengaktifkan fitur freeync, dan yang terakhir dengan membatasi jumlah frame yang di render secara manual di console.


Penutup Artikel √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya

Demikian artikel √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2018/01/screen-tearing-pengertian-penyebab-dan.html

Artikel √ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya ini kami arsipkan pada kategori Tech News.

Post a Comment for "√ Screen Tearing: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi-nya"