Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu?

√ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu? - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Tech News, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu? ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu?. Selamat menambah wawasan!

√ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu?


Apa Itu SS7?

Signaling System Number 7 / SS7 adalah suatu protokol dalam persinyalan yang digunakan secara global untuk menghadirkan sebuah jaringan telekomunikasi. Sejak dibangun pada tahun 1975, SS7 ini secara sederhana memiliki banyak fungsi yang berhubungan dengan panggilan telepon, SMS, dan roaming.

Dengan adanya teknik ini, maka keamanan Two Step Verification bisa ditembus. Konvergensi layanan suara serta data yang umum dilakukan saat pengguna memakai ponsel atau telepon kabel.

Protokol ini juga memungkinkan suatu jaringan saling bertukar informasi. Meskipun begitu SS7 memiliki celah keamanan internal. Celah keamanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para peretas untuk mencegat suatu komunikasi yang sedang berlangsung. Peretas tersebut bisa mengambil informasi, seperti dapat mengirim atau menerima SMS, melakukan atau menerima panggilan telepon, hanya dengan bermodalkan nomor telepon si korban yang ditargetkan.

SS7 mungkin bisa dibilang sebagai alat pengintai terkuat yang ada sekarang ini. Kemampuannya dapat pula untuk mengambil alih akun WhatsApp seseorang. WhatsApp telah menerapkan fitur enkripsi end-to-end, namun fitur tersebut memiliki celah keamanan ketika proses registrasi akun yang bisa diakali para peretas yang memanfaatkan celah di SS7.

Guna memanfaatkan celah keamanan pada SS7, bisa memanfaatkan Software Development Kit (SDK) atau perangkat lunak yang digunakan untuk membangun suatu aplikasi, memanfaatkan celah keamanan pada SS7.

Untuk mencari SDK di internet adalah sesuatu yang tidak mudah. Umumnya SDK yang fungsinya bisa mengelabui SS7 hanya beredar dikalangan komunitas peretas.

Signaling System 7 bertanggung jawab untuk semua fitur manajemen panggilan seperti panggilan konferensi, pesan suara, panggilan tunggu, dll. Perannya dalam telekomunikasi sangat penting karena fungsinya ini bertanggung jawab untuk mengirimkan panggilan arau SMS ke orang yang tepat.

Setiap kali kamu melakukan panggilan ke orang lain, SIM kamu mengirim sinyal ke server penyedia jaringan / operator. Kemudian mengirim sinyal ke SIM yang kamu tuju. SS7 memiliki peran utama dalam hal ini dan tanpa SS7 panggilan ini tidak dapat terhubung dengan orang yang tepat. Maksunya, SS7 memberi tahu server penyedia jaringan tentang ke mana SIM harus mengirim sinyal.

Apa yang Terjadi Jika SS7 Tidak Ada?.

Tanpa SS7 kita tidak akan dapat menelpon atau mengirim SMS ke orang yang tepat. Ketika menelpon dan itu akan terhubung secara acak ke orang lain. SS7 adalah protokol yang sangat kompleks, ia memiliki beberapa kelemahan dalam desainnya.menggunakan kelemahan itu untuk menyerang seseorang dengan hanya mendapatkan nomor ponsel.

Serangan yang dilakukan dengan mengeksploitasi kerentanan di SS7 dikenal sebagai serangan SS7. Ini bisa sangat berbahaya tergantung pada tujuan.hanya meretas penyedia jaringan dan menginterupsi semua data yang dikirim atau diterima antara konsumen dan penyedia jaringan.

Ini semacam Man-in-the-middle-attack (MIMT). Dengan serangan ini, seorang dapat melacak lokasi ponsel terkait dari mana saja di dunia.menggunakan kerentanan SS7 untuk mengganggu.

  • Pencurian Data (data pribadi kamu dan informasi sensitif)
  • Menguping (diam-diam mendengarkan percakapan)
  • Intersepsi teks (membaca atau mengubah pesan)

Pelacakan lokasi Ini adalah kejahatan dunia maya yang dilakukan oleh serangan SS7 dan SS7 HACKING telah menjadi sangat umum di saat ini. Pada dasarnya, seorang dapat memperoleh akses penuh ke telepon pribadi dapat sangat berbahaya.dapat membaca percakapan pribadi di berbagai platform sosial.bisa mendapatkan akses ke rekening bank online dan juga dapat melewati verifikasi OTP (One Time Password).

Serangan SS7 bisa menjadi serangan yang sangat kuat. Hanya seseorang profesinal yang tahu cara melakukannya. Beberapa perusahaan swasta dan peretas topi putih masih meneliti SS7 dan mencoba membuat perangkat lunak yang melaluinya polisi dapat dengan mudah melacak.

Lalu bagaimana melindungi diri dari SS7?.

Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit mengingat bahwa kerentanan dan kemungkinan serangan ini bergantung pada sistem di luar kendali pengguna. Sangat sedikit yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari tidak menggunakan layanan. Disini secara indvidu hanya bisa melakukan hal untuk antisipasi.

1.Pilih penyedia jaringan dengan bijak. Peretas menggunakan protokol SS7 hanya untuk menyerang penyedia jaringan yang lemah.
2. Jika diserang,segera matikan ponsel dan keluarkan kartu SIM.
3. Cari perangkat lunak untuk mencegah serangan seperti itu.
4. Gunakan layanan pesan terenkripsi. Selalu gunakan wifi yang merupakan koneksi aman.wifi
publik selalu tidak aman.

SS7 jika digunakan untuk hal-hal yang negatif tentunya akan mengganggu privasi kita dan berbahaya, namun jika digunakan untuk kepentingan penyelidikan ini adalah sesuatu hal yang bagus.


Penutup Artikel √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu?

Demikian artikel √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu? kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu? dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2018/01/bahaya-kerentanan-ss7-bagi-dunia.html

Artikel √ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu? ini kami arsipkan pada kategori Tech News.

Post a Comment for "√ Bahaya Kerentanan SS7 Bagi Dunia Telekomunikasi, Lalu Apa SS7 Itu?"