Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard

√ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Jaringan, Artikel MikroTik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard. Selamat menambah wawasan!

√ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard

Cara Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard - Open Shortest Path First( OSPF) merupakan suatu protokol routing otomatis( Dynamic Routing) yang sanggup melindungi, mengendalikan serta mendistribusikan data routing antar network mengikuti tiap pergantian jaringan secara dinamis. 

Pada OSPF atau dikenal dengan sebutan Autonomus System ialah gabungan dari sekian banyak jaringan yang sifatnya routing serta mempunyai kesamaan tata cara dan policy pengaturan network, yang seluruhnya bisa dikendalikan oleh network administrator.

Routing OSPF digunakan untuk jaringan dengan skala yang besar. Oleh sebab itu buat memudahkan monitoring, peningkatan data routing serta meminimalisir kesalahan distribusi data routing.

OSPF tercantum di dalam jenis IGP( Interior Gateway Protocol) yang mempunyai kemapuan Link- State serta Alogaritma Djikstra yang jauh lebih efektif dibanding protokol IGP yang lain. Dalam operasinya OSPF memakai protokol sendiri ialah protokol 89.

Cara Kerja Routing OSPF

Berikut merupakan prinsip kerja dari routing OSPF :

- Tiap router membuat Link State Packet( LSP)
- Setelah itu LSP didistribusikan ke seluruh neighbour memakai Link State Advertisement( LSA) type 1 serta memastikan Dokter serta BDR dalam 1 Zona.
- Tiap- tiap router menghitung jalan terpendek( Shortest Path) ke seluruh neighbour bersumber pada cost routing.
- Bila terdapat perbandingan ataupun pergantian tabel routing, router hendak mengirimkan LSP ke Dokter serta BDR lewat alamat multicast 224. 0. 0. 6
- LSP bakal didistribusikan oleh DR ke router neighbour lain dalam 1 zona sehingga seluruh router neighbour bakal melaksanakan perhitungan ulang jalan terpendek.

Konfigurasi Routing OSPF di Mikrotik Routerboard

Pada konfigurasi ini menggunakan 3 PC dan 3 Router, berikut konfigurasi routing OSPF pada Mikrotik :

Berikut topologi yang digunakan, disini setting sebagai PC2 yang terhubung dengan Router2

- Login Mikrotik dengan Winbox

- Masuk pada menu IP - Addresse - Add(+)

- Kemudian Isi IP Address sesuai topologi, berikut konfigurasi pada Router2, Untuk IP router lain silakan sesuaikan topologi diatas
Router2

- Lalu masuk pada menu Routing - OSPF

- Pilih Tab Network - Add(+)

- Kemudian isi semua IP Network sesuai topologi, Untuk Area pilih backbone - OK
Router2

- Berikut Konfigurasi OSPF pada Mikrotik lain : 

Untuk Router1 yang terhubung dengan PC1 : 
- 10.10.10.0/24
- 30.30.30.0/24
- 192.168.20.0/27

Untuk Router2 yang terhubung dengan PC2 :
- 10.10.10.0/24
- 20.20.20.0/24
- 192.168.40.0/27

- Untuk Router3 yang terhubung dengan PC3 :
- 20.20.20.0/24
- 30.30.30.0/24
- 192.168.60.0/27

- Selesai, untuk pengecekan bisa menggunakan ping ke alamat IP yang dituju dan apabila ping ke komputer lain gagal pastikan sudah menonaktifkan windows firewallnya.


Demikian Artikel Konfigurasi Routing OSPF di Mikrotik Routerboard, semoga bermanfaat


Penutup Artikel √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard

Demikian artikel √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/tutorial-konfigurasi-routing-ospf-di.html

Artikel √ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard ini kami arsipkan pada kategori Jaringan MikroTik.

Post a Comment for "√ Tutorial Konfigurasi Routing OSPF di MikroTik Routerboard"