Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?

√ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka? - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Admin, Artikel Cerita Rakyat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka? ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?. Selamat menambah wawasan!

√ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?

Ikan pesut berbeda dengan ikan lumba-lumba atau paus yang berhabitat di laut. Pesut yang dalam bahasa Latin Orcaella brevitostris berhabitat di sungai, khususnya di kawasan tropis. Indonesia, tepatnya Kalimantan Timur juga ada pesut. Asal-usulnya dikenal dengan "Legenda Pesut Mahakam".

Katanya sih dulu populasi pesut banyak. Saking banyaknya, pesut gampang ditemukan di muara-muara sungai di Kalimantan. Mulai terganggunya ekosistem pesut, menyebabkan mamalia ini termarjinalkan alias tersingkir, sehingga pesut dinyatakan sebagai hewan langka. Akhir populasi pesut menyurut, habitatnya pun juga menyusut. Di Sungai Mahakam, pesut masih bisa ditemukan. Sungai Mahakam, danau Jempang (15.000 Ha), danau Semayang (13.000 Ha) dan danau Melintang (11.000Ha) adalah tempat-tempat yang ada.

 tepatnya Kalimantan Timur juga ada pesut √  Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?

Secara morfologi, ikan pesut memiliki kepala bulat, dahi bundar dan kedua mata yang kecil - sepertinya hasil adaptasi terhadap habitatnya di air berlumpur. Namun, jangan salah, pesut juara untuk berenang di air paling keruh sekalipun. Warnanya abu-abu sampai wulung tua. Pada bagian bawahnya lebih pucat tanpa pola khas. Sirip punggungnya kecil dan membundar ke belakang sampai pertengahan punggung. Sirip dada lebar membundar.

Pesut hidup menggerombol dalam kawanan kecil. Di dunia ini, hanya ada tiga jenis pesut, yakni di Sungai Mekong (China), Sungai Irawady, dan terakhir Sungai Mahakam (tepatnya, Kalimantan Timur, Indonesia). Nah, penamaan pesut Mahakam sendiri memiliki dongengnya nih. Mau tahu ceritanya? Silakan baca dalam cerita rakyat Indonesia: "Legenda Pesut Mahakam". Selamat membaca ^^


Penutup Artikel √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?

Demikian artikel √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka? kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka? dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/legenda-pesut-mahakam-bukan-hanya-mitos.html

Artikel √ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka? ini kami arsipkan pada kategori Admin Cerita Rakyat.

Post a Comment for "√ Legenda Pesut Mahakam Bukan Hanya Mitos Belaka?"