Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only

√ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Jaringan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only. Selamat menambah wawasan!

√ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only

 VirtualBox adalah software virtualisasi yang dapat digunakan untuk menginstall sistem ope √  Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only
Pengertian Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridge, Internal dan Host Only - VirtualBox adalah software virtualisasi yang dapat digunakan untuk menginstall sistem operasi tambahan didalam sistem operasi utama. VirtualBox dapat mengoperasikan berberapa sistem operasi sekaligus seperti Linux, Debian, Ubuntu dan Windows.

VirtualBox memiliki berbagai jenis tipe jaringan yang dapat digunakan, antara lain NAT, Bridged Adapter, Internal Network, Host-only Adapter dan Generic Driver. Setiap tipe jaringan VirtualBox tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Jenis jaringan tersebut digunakan untuk konfigurasi LAN card pada sistem operasi virtual.

Lalu, Apa pengertian dan fungsi NAT, Bridged Adapter, Internal Network, Host-only Adapter dan Generic Driver di VitualBox?. Baiklah langsung saja, berikut pengertian NAT, Bridged Adapter, Internal Network, Host-only Adapter dan Generic Driver.

Pengertian NAT, Bridged Adapter, Internal Network, Host-only Adapter dan Generic Driver


No attached (Tidak Terpasang)

Tipe jaringan No attached berarti Sistem Operasi virtual memiliki kartu jaringan atau LAN card, namun tidak dikonfigurasi sehingga tidak memiliki koneksi jaringan. Jadi, seolah-olah tidak ada kabel jaringan yang dicolokkan ke kartu jaringan.

Nat (Network Address Translation)

NAT adalah tipe jaringan yang secara default digunakan di virtualbox. NAT akan menjadi tipe jaringan dasar yang digunakan sebuah Virtual Machine yang baru. Fungsi NAT yaitu menghubungkan sistem operasi vitual dengan sistem operasi asli(hosts).

NAT memungkinkan bila OS asli memiliki koneksi internet maka OS virtual juga akan mendapatkan koneksi internet tanpa perlu konfigurasi terlebih dahulu. Dengan menggunakan NAT maka sistem operasi virtual bisa melakukan ping ke sistem operasi asli, namun tidak sebaliknya.

NAT Network (Jaringan NAT)

Nat Network adalah tipe jaringan yang dapat menghubungkan kedua sistem operasi virtual dan asli untuk saling berkomunikasi dan mengakses koneksi luar, namun tidak secara langsung koneksi luar untuk mengakses sistem pada OS virtual.

Bridged Adapter (Adaptor Ter-Bridge)

Bridged Adapter adalah mode yang memungkinkan OS virtual terkoneksi untuk merima dan mengirimkan data melalui network adapter pada OS asli. Bisa diartikan OS virtual dan OS asli adalah dua komputer berbeda yang terhubung pada satu jaringan yang sama. Dengan Bridged Adapter maka IP yang didapatkan oleh OS virtual akan memiliki network yang sama dengan OS asli.

Internal Network (Jaringan Internal)

Internal Network adalah mode jaringan yang memungkinkan OS virtual satu dengan OS virtual lain untuk saling terhubung secara internal. Dalam artian dua OS virtual adalah dua komputer berbeda yang terhubung ke jaringan yang sama sehingga dapat saling bertukar informasi.

Mode jaringan VirtualBox ini hanya dapat digunakan oleh OS virtual saja dan tidak dapat terhubung dengan jaringan luar atau dengan OS asli.

Host-only Adapter (Adaptor Hanya Host)

Dalam mode Host-only adapter ini dapat di artikan atau dianggap sebagai gabungan dari mode Bridged dan mode Internal network. Dalam mode ini OS virtual dapat terhunbung dengan OS asli dan sebaliknya OS host juga dapat terhubung dengan OS guest. 

Dengan menggunakan Host-only maka OS asli dan OS virtual berapa dalam satu jaringan yang sama. Host-only ini memiliki adapter sendiri pada OS asli seperti halnya ethernet.

Generic Driver (Driver Generic)

Generic Driver merupakan mode yang jarang digunakan yang berbagi antarmuka jaringan generik yang sama, yang memungkinkan pengguna untuk memilih driver yang dapat dimasukkan pada Oracle VM VirtualBox atau didistribusikan dalam paket ekstensi.


Itu tadi penjelasan berbagai jenis jaringan di VitualBox, untuk lebih jelasnya dapat disimpulkan melalui penjelasan berikut.

NAT : Menghubungkan OS virtual dan OS Asli

Briged Adapter : Menghubungkan OS virtual dan OS Asli dan sebaliknya (satu jaringan)

Internal Network : Menghubungkan OS virtual dengan OS virtual dan sebaliknya (satu jaringan)

Host-only Adapter : Menghubungkan OS Virtual dengan OS Asli dan sebaliknya (dapat setting jaringan melalui adapter host-only di OS asli)


Penutup Artikel √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only

Demikian artikel √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/pengertian-dan-jenis-jaringan-di.html

Artikel √ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only ini kami arsipkan pada kategori Jaringan.

Post a Comment for "√ Pengertian dan Jenis Jaringan di VirtualBox : NAT, Bridged, Internal dan Host Only"