Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

√ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Jaringan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap. Selamat menambah wawasan!

√ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

 adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan perangkat jaringan lainnya de √  Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap
Jenis Jaringan Komputer Lengkap - Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan perangkat jaringan lainnya dengan tujuan untuk bertukar informasi maupun data. Jaringan komputer terdapat dua media yang bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan tersebut, yaitu media yang menggunakan kabel (Wired) dan tanpa kabel (Wireless).

Jaringan komputer juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari beberapa terminal komunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain. Tujuan dari jaringan ini adalah untuk memastikan bahwa data atau informasi yang dibawa oleh pengirim untuk mencapai penerima dengan aman dan cepat.

Meskipun jaringan komputer memiliki berbagai macam tetapi pada intinya tujuan jaringan komputer adalah untuk bertukar informasi maupun data. Dalam jaringan komputer bisanya terdapat server, client dan perangkat jaringan seperti access point, hub, switch dan antena.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Pada umunya jaringan komputer dibedakan menjadi 5 macam, mulai dari jarak jangkauan, media transmisi, peranan antar komputer, topologi, dan distribusi data. Berikut jenis jaringan komputer dan pengertiannya

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jarak Jangkauan

 adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan perangkat jaringan lainnya de √  Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

1. LAN (Local Area Network)

Merupakan jaringan komputer komputer yang memiliki jarak jangkauan paling kecil yakni tidak lebih dari 1000 meter persegi. Jaringan LAN biasa digunakan untuk sekolah, kantor, warnet. dan warkop. Pada jaringan LAN sebagian besar menggunakan media kabel.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang menghubungkan antar kota maupun antar provinsi dengan kecepatan tranfer data yang tinggi. Jaringan MAN memiliki jangkauan hingga 50 km persegi, yang terdiri dari beberapa jaringan LAN.

Dengan jangkauan yang luas memudahkan dalam berkomunikasi dengan keamanan yang kebih terjamin. Jaringan MAN biasa digunakan oleh perusahaan dalam suatu kota bahkan antar kota.

3. WAN (Wide Area Network)

Merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas, memiliki jangkauan antar negara maupun antar benua. Jaringan WAN biasa digunakan oleh perusahan telekomukasi untuk memberikan layanan jaringan publik yakni internet kepada penggunanya.

Media transmisi jaringan WAN biasa menggunakan satelit yang memungkinkan pengguna diseluruh dunia dapat berkomunikasi.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

 adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan perangkat jaringan lainnya de √  Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

1. Jaringan dengan Kabel (Wired Network)

Merupakan jenis jaringan yang meghubungkan antar komputer dengan menggunakan media kabel sebagai media transmisi. kabel yang digunakan dalam jaringan komputer adalah kabel coaxial, UTP, STP, dan kabel fiber optik.

2. Jaringan tanpa Kabel (Wireless Network)

Merupakan jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer dengan media gelombang elektromagnetik. Access point dan wireless router merupakan salah satu perangkat yang digunakan dalam jaringan ini.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Peranan Antar Komputer

1. Jaringan Client-Server 

Jaringan client-server merupakan jaringan komputer yang terdiri antara beberapa komputer server dan komputer client. Komputer server pada jaringan ini bertugas memberikan layanan kepada komputer client sedangkan komputer client sebagai pengguna dari layanan komputer server.

2. Jaringan Peer-to-Peer

Jaringan peer-to-peer adalah jaringan komputer dimana komputer satu dengan lainnya mempunyai kedudukan yang sama dimana komputer tersebut bisa berperan sebagai server maupun client.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

 adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan perangkat jaringan lainnya de √  Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

1. Topologi Bus

Topologi Bus merupakan topologi yang menggunakan kabel tunggal untuk menghubungkan komputer baik client dan server.

2. Topologi Ring

Topologi ring adalah topologi yang memiliki sususan jairngan komputer membentuk cicin, dimana komputer satu dengan komputer berikutnya terhubung lewat titik pada bagian sebelah kanan dan kiri.

3. Topologi Star

Topologi star adalah topologi yang memanfaatkan switch atau Hub sebagai pusat jaringan komputer yang dimana swith atau Hub tersebut terhubung ke server.

4. Topologi Tree

Topologi tree merupakan topologi jaringan yang tersusun secara bertingkat. Topologi ini dihubungkan melalui beberapa switch atau HUB yang terhubung ke komputer.

5. Topologi Mesh

Topologi Mesh merupakan topologi dimana komputer pada jaringan tersebut memiliki berbagai rute sehingga bisa terhubung secara acak.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer server dan komputer client dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses data dari komputer server.

Contoh penerapan jaringan terpusat adalah pada komputer kasir supermarket, yang dimana komputer tersebut hanya sebagai perantara yang mengambil data dari komputer server seperti harga, diskon, nama produk.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi adalah jaringan komputer yang terdiri dari komputer server dan komputer client dimana komputer client dapat berperan seperti komputer server dalam jaringan terpusat. distribusi data pada jaringan ini bisa terjadi tidak hanya dari satu komputer server

Itulah jenis-jenis jaringan komputer dan pengertiannya. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dalam menambah wawasan Anda mengenai jaringan komputer.


Penutup Artikel √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

Demikian artikel √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/jenis-jenis-jaringan-komputer-dan.html

Artikel √ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap ini kami arsipkan pada kategori Jaringan.

Post a Comment for "√ Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap"