Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

√ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020 - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Windows, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020 ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020. Selamat menambah wawasan!

√ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

 Salah satu fitur yang kurang optimal pada Windows  √  4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020
Cara mematikan update Windows 10 secara permanen - Salah satu fitur yang kurang optimal pada Windows 10 adalah auto update Windows atau cara sistem operasi untuk menangani pembaruan. Update yang telah dirilis akan diinstal secara otomatis ketika Windows memutuskan untuk melakukan pembaruan.

Banyak pengguna lebih memilih mematikan Windows Update di Windows 10. Alasan umumnya yaitu terganggu dengan cara kerja auto update Windows 10 ini, karena sering membuat perangkat direstart pada waktu dan kondisi yang tidak tepat. Selain itu ukuran file update yang besar akan menguras bandwith atau kuota Anda.

Perlu diperhatikan jika membatalkan dan mematikan auto update pada Windows 10 dengan jangka waktu yang lama tentu tidak disasarankan. Karena update otomatis termasuk fitur penting yang diperlukan untuk peningkatan keamanan dan stabilitas yang penting pada perangkat Anda.

Cara Mematikan Update Windows 10

Berikut adalah empat cara mudah yang bisa Anda coba untuk menonaktifkan dan mematikan auto update Windows 10 yang sedang berjalan secara permanen, bisa diterapkan di Windows 10 Pro, Home dan Enterprise.

1. Mematikan Update Windows 10 Melalui Service

Cara yang pertama adalah dengan mematikan Windows update Windows 10 secara paksa melalui service. Pada dasarnya services Windows Update sama dengan service umumnya. Karena penggaturan melalui service, maka Windows tidak dapat melakukan update kecuali Anda mengaktifkan service kembali.

Berikut langkah-langkah cara menonaktikan update Windows 10 melalui service:

  • Jalankan perintah Run (Windows + R). Ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Pilih Windows Update dari daftar service.
  • Ubah opsi Startup Type dari Automatic ke Disabled.
  • Setelah itu silahkan restart komputer Anda.

 Salah satu fitur yang kurang optimal pada Windows  √  4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali auto update, Anda cukup mengganti opsi dari Disable menjadi Automatic.

2. Mematikan Update Windows 10 dengan Metered Connection

Jika Anda biasa menggunakan WiFi pada Windows untuk terhubung ke Internet, Anda dapat mengatur Metered Connection untuk mencegah update pada Windows 10. Dengan metered connection, Anda dapat membatasi bandwith Windows untuk mengunduh dan menginstal update secara otomatis.

Berikut cara untuk mematikan update Windows 10 dengan Metered Connection:

  • Buka Windows setting (Win + I).
  • Klik pada bagian Network & Internet.
  • Pilih Wi-Fi dan pilih Wi-Fi yang biasanya terkoneksi pada Manage know networks.
  • Pilih Properties dan aktifkan opsi Set as metered connection.

 Salah satu fitur yang kurang optimal pada Windows  √  4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

Microsoft hanya menawarkan opsi ini jika Anda menggunakan koneksi WiFi. Jika Anda terhubung ke Internet melalui kebel LAN maka Anda tidak dapat mengatur Metered Connection.

3. Cara Mematikan Update Windows 10 dengan Group Policy Editor

Cara mematikan update otomatis selanjutnya yaitu mengatur Group Policy Editor jika Anda menggunakan edisi Windows 10 Education, Pro atau Enterprise. Sayang fitur untuk menghentikan update ini tidak tersedia untuk pengguna Windows 10 Home edition.

Jika Anda memilih opsi ini, maka update keamanan masih akan diinstal secara otomatis. Untuk fitur update lainnya, Anda akan diberi tahu jika terdapat update dan dapat menginstalnya sesuka Anda.

Saat ini, Microsoft ingin pengguna pemula Windows 10 tidak mengalami kesulitan dalam hal update, tetapi mengabaikan fleksibilitas bagi pengguna yang lebih berpengalaman.

Berikut cara menghentikan update Windows 10 otomatis dengan Group Policy:

  • Jalankan perintah Run (Win + R). lalu ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka gfroup policy editor.
  • Pada Computer Configuration silahkan pilih Administrative Templates.
  • Selanjutnya pilih Windows Components kemudian Windows Update.
  • Silahkan klik pada Configure Automatic Updates.
  • Ubah opsi Not Configured menjadi Disable lalu klik OK.
  • Terakhir, silahkan restart komputer Anda untuk menyelesaikan update gfroup policy editor.

 Salah satu fitur yang kurang optimal pada Windows  √  4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

4. Mematikan Update Windows 10 dengan Aplikasi Win Update Stop

Win Update Stop merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan update pada Windows 10. Penggunaanya tergolong simple dan  juga ringan, ukuran aplikasi Win Update Stop ini hanya sekitar 1,7 MB.

Berikut langka-langkah cara menonaktifkan auto update Windows 10 dengan software Win Update Stop:
  • Download melalui link berikut.
  • Install dan buka aplikasi Win Update Stop seperti biasa.
  • Klik Disable untuk mematikan Windows Update.

 Salah satu fitur yang kurang optimal pada Windows  √  4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

Untuk menghidupkan kembali Windows Update, Anda cukup pilih tombol Enable dan status akan berganti menjadi Windows Update are enable.

Penyebab Mematikan Auto Update Windows 10?

Update pada sistem operasi, driver, dan aplikasi seringkali dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga pada komputer. Salah satu cara untuk melindungi perankat Anda dari masalah yang tidak terduga adalah dengan melakukan backup data sebelum menginstal update ke Windows Anda.

Ketika update Windows diunduh tanpa persetujuan Anda, tentu ini akan memakan bandwith. Setelah itu maka proses booting akan lama karena proses installasi Windows update. Hal ini tentu akan memakan banyak waktu apalagi bagi Anda yang sedang menyelesaikan beberapa tugas.

Jadi memang ada alasan yang logis untuk mematikan auto update pada Windows 10. Meskipun update otomatis dapat menjadi masalah, membiarkan Windows Anda tertinggal update yang penting juga dapat menjadikan komputer menjadi rawan pada sisi keamanan dan tertinggal fitur-fitur terbaru.

Akhir Kata

Itu tadi artikel cara mematikan update Windows 10 permanen, bagaimana mudah bukan?. Baiklah sekian saja artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Apabila ada langkah untuk menonaktifkan auto update Windows 10 ini yang kurang jelas, silahkan komen dibawah.


Penutup Artikel √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020

Demikian artikel √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020 kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020 dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/4-cara-mematikan-update-windows-10.html

Artikel √ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020 ini kami arsipkan pada kategori Windows.

Post a Comment for "√ 4 Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen 2020"