Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7

√ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7 - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Windows, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7 ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7. Selamat menambah wawasan!

√ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows  √  Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7

Port USB menjadi salah satu media yang paling sering digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat USB seperti flashdisk, mouse dan keyboard hingga joystick. Dengan perangkat USB seperti flashdisk, pengguna dapat dengan mudah mentranfer data baik dari PC maupun sebaliknya.

Namun terkadang pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows mengalasi kendala dimana perangkat USB yang tidak terbaca atau tidak dapat terhubung sebagaimana mestinya. Dan salah satunya permasalahan yang sering muncul adalah USB device not recognized.

Nah, bagi kamu yang mengalami USB device not recognized, pada artikel kali ini mengulas cara mengatasi USB device not recognized di Windows 10, 8 dan juga Windows 7. Yuk langsung saja cek langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

1. Setting USB Root Hub

Mengatur perizinan daya pada USB Root Hub menjadi salah satu metode untuk mengatasi USB not recognized di Windows. Cara ini akan terbilang efektif apabila perangkat USB yang kamu gunakan masih dalam kondisi normal.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Device Manager melalui fitur pencarian Windows.
  2. Selanjutnya gulir ke bawah dan klik Universal Serial Bus Controllers. Lalu buka USB Root Hub.
  3. Setelah terbuka, silakan buka tab Power Management.
  4. Hilangkan ceklis pada Allow computer to turn off this device to save power.
    Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows  √  Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7
  5. Lalu klik OK dan restart perangkat kamu.

Umumnya perangkat laptop maupun komputer memiliki beberapa USB Root Hub sesuai jumlah port USB yang tersedia. Jadi kamu perlu mengulangi langkah-langkah di atas pada semua USB Root Hub.

2. Update Driver USB

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki USB device not recognized yaitu dengan memperbarui driver USB. Masalah pada driver memang kerap ditemukan pada berbagai komponen komputer, salah satunya adalah pada bagian USB. Berikut langkah-langkah cara update driver USB:

  1. Buka Device Manager.
  2. Buka kembali pada Universal Serial Bus Controllers.
  3. Pilih perangkat Unknown Device, lalu klik kanan dan pilih menu Update driver.
  4. Lalu pilih opsi Search automatically for update driver software.
  5. Setelah instalasi driver selesai, silakan restart perangkat yang kamu gunakan.

3. Hapus Hidden Devices

Tanpa disadari perangkat USB yang terhubung ke laptop atau komputer memiliki driver yang terinstal secara otomatis. Apabila perangkat USB sudah lama tidak digunakan atau terhubung, maka akan terkategorikan pada hidden devices.

Hidden devices akan terus menumpuk seiring banyaknya perangkat USB yang terhubung dan dapat menyebabkan masalah pada perangkat baru. Berikut langkah-langkah menghapus hidden devices: 

  1. Buka Device Manager.
  2. Pilih tab View pada bagian atas dan klik Show hidden devices.
    Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows  √  Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7
  3. Buka kembali pada Universal Serial Bus Controllers.
  4. Pilih hidden device yang sudah muncul, lalu klik kanan dan pilih menu Uninstall Device.
    Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows  √  Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7

4. Cabung dan Pasang Perangkat USB

Langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi USB device not recognized adalah dengan menghubungkan kembali perangkat ke port USB secara berkala. Pastikan kamu telah memasang perangkat dengan tepat sehingga perangkat dapat terkoneksi dengan baik.

5. Pindah Port USB Lain

Permasalahan perangkat USB yang tidak terhubung juga dapat terjadi karena port USB yang bermasalah seperti longgar dan sudah berkarat. Sehingga kamu bisa mencoba menghubungkan perangkat ke port USB lain yang tersedia.

6. Restart Komputer atau Laptop

Dan metode mengatasi masalah USB device not recognized yang paling simpel adalah dengan merestart perangkat. Dengan memuat ulang sistem, maka dapat memperbaiki berbagai permasalah umum pada Windows seperti lemot, hang dan lainnya.

7. Ganti Kabel USB

Bagi kamu yang mengalami masalah USB not recognized saat menghubungkan perangkat seperti smartphone dan tablet. Maka kamu bisa mencoba untuk mengganti kabel data dengan tipe lain dan pastikan juga kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan.

Akhir Kata

Itulah ulasan cara mengatasi USB device not recognized di Windows 10, 8 dan juga Windows 7. Kamu bisa mencoba beberapa metode di atas untuk memperbaiki perangkat USB yang tidak dalam terhubung dengan normal. Baiklah sekian saja artikel singkat ini, semoga bermanfaat.



Penutup Artikel √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7

Demikian artikel √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7 kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7 dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/02/cara-mengatasi-usb-device-not.html

Artikel √ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7 ini kami arsipkan pada kategori Windows.

Post a Comment for "√ Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10/8/7"