Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging

√ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Kisah Wayang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging. Selamat menambah wawasan!

√ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging

Cerita Gatot Kaca berjudul “Gatotkaca Sungging” mengisahkan cita-cita Raden Gatot Kaca, yang berencana membangun sebuah kesatrian di Kerajaan Pringgondani - Kerajaan warisan Prabu Trembuku, kakek Raden Gatotkaca dari pihak ibu, Dewi Arimbi.

Dalam prosesnya, cita-cita ini terhalang oleh ketidaksetujuan beberapa pihak dari Kerajaan Astina, yaitu Begawan Durna, melalui Prabu Wasawala. Hal ini menyebabkan perang antara pihak Prabu Wasawala melawan dua putra Bima, Gatotkaca dan Raden Antareja. Sayang, pihak Gatotkaca mengalami kekalahan hingga koma. Karena, dalam siung Prabu Wasawala menitis darah Prabu Dasamuka (Rahwana).

Dengan keadaan putranya yang sedang koma, Dewi Arimbi sangat sedih. Namun, kesedihan itu terobati setelah Semar yang merupakan pamongnya dari Pandawa memberi tahu bahwa keadaan Raden Antareja dan Gatotkaca dapat disembuhkan dengan wasiat selendang yang warisan Prabu Trembuku yang ternyata dimiliki oleh Arimbi.

Akhir cerita dikalahkanya Prabu Wasawala yang sangat sakti, ternyata mempunyai kelemahan kalau berperang dengan monyet putih. Oleh karena itu, Prabu Wasawala kalah berperang dengan Raden Hanoman.

Untuk cerita lengkapnya, silakan menuju ke Sukobudoyo.[]


Penutup Artikel √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging

Demikian artikel √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/cerita-wayang-3-lakon-gatot-kaca.html

Artikel √ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging ini kami arsipkan pada kategori Kisah Wayang.

Post a Comment for "√ Cerita Wayang #3: Lakon Gatot Kaca Sungging"