Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar

√ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Cerita Rakyat, Artikel Jawa Tengah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar. Selamat menambah wawasan!

√ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar

Legenda Gunung Tidar merupakan salah satu legenda gunung yang hidup sebagai cerita dari Jawa Tengah. Legenda gunung ini menceritakan tentang miring pulang Jawa ke arah timur. Bagaimana kisah selengkapnya dari Gunung Tidar ini?

***

Sahibul hikayat pernah menyebutkan bahwa di pulau Jawa bagian timur terdapat sebuah gunung besar bernama Mahameru. Karena besarnya gunung ini, pulau Jawa makin lama makin miring ke arah timur. Ujung  timur pulau Jawa tenggelam dan ujung baratnya terangkat ke atas.

Para dewa sangat prihatin sehingga  menghadap Batara Guru untuk melaporkan masalah ini.

Batara Guru kemudian mengumpulkan para dewa. Ia memerintahkan supaya mereka mengangkat gunung Mahameru dan memindahkannya ke arah barat.

Para dewa bersama-sama mengangkat gunung yang sangat besar itu dan terbang membawanya ke arah barat. Ketika diangkat, puncak gunung jatuh dan menjadi gunung Semeru.

Mereka terus membawa gunung Mahameru ke barat. Sebagian demi sebagian gunung jatuh. Bagian-bagian yang jatuh itu membentuk deretan gunung baru.

Ketika para dewa tiba di tengah-tengah pulau Jawa,  gunung  yang mereka bawa tinggal sedikit.   Mereka pun memutuskan untuk meletakkan sisa gunung itu, yang kemudian membentuk gunung kecil . Gunung itu kemudian  disebut gunung Tidar.

Karena letaknya yang tepat di tengah pulau Jawa, gunung Tidar menjadi pakunya pulau Jawa. Pulau Jawa pun tidak lagi miring ke timur.[]


Penutup Artikel √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar

Demikian artikel √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/cerita-rakyat-indonesia-54-legenda.html

Artikel √ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar ini kami arsipkan pada kategori Cerita Rakyat Jawa Tengah.

Post a Comment for "√ Cerita Rakyat Indonesia #54: Legenda Gunung Tidar"