Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur

√ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Berita Pendidikan, Artikel SMA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur. Selamat menambah wawasan!

√ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur

Berita pendidikan datang dari limbah plastik kerap menjadi momok menakutkan karena sulit terurai. Nah, di tangan anak-anak siswa SMKN 1 Kandanghaur Kabupaten Indramayu limbah plastik, terutama yang botol plastik, malah menghasilkan energi alternatif pengganti gas elpiji dan BBM (Bahan Bakar Minyak).

Hal ini diketahui, sebagaimana dilansir Pikiran Rakyat (2/10/13), ketika pelajar jurusan Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Kandanghaur menggelar karya mereka di pameran kreativitas di Pendopo Indramayu. Salah satu karya yang dipamerkan adalah prototipe alat penghasil BBM dan gas elpiji yang terbuat dari rangkaian tabung besi serta pipa.

"Alat ini bisa memproses sampah plastik menjadi zat cair serupa bensin dan solar serta gas dan parafin untuk pemantik api unggun," kata Chairul Arta menjelaskan karya mereka.

 datang dari limbah plastik kerap menjadi momok menakutkan karena sulit terurai √  Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur

Alat itu bekerja dengan cara yang sederhana. Sejumlah botol plastik dimasukkan ke dalam tabung sampai penuh. Kemudian ditutup rapat-rapat supaya gas yang dihasilkan tak terbuang sia-sia. Setelah itu, tabung dipanaskan dengan suhu sekitar 120 derajat Celsius, bisa memakai apapun sebetulnya.

Beri jarak 10 menit, selama proses itu akan dihasilkan gas metana CH4 yang bisa dipakai menyalakan kompor. Uap yang dihasilkan kemudian mengalir melalui pipa yang terhubung dengan wadah berisi air untuk pendinginan dan mengubahnya menjadi bensin dan solar. Kreatif?


Penutup Artikel √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur

Demikian artikel √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/berita-pendidikan-gas-dan-bbm-yang.html

Artikel √ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur ini kami arsipkan pada kategori Berita Pendidikan SMA.

Post a Comment for "√ Berita Pendidikan: Gas dan BBM yang Terbuat dari Sampah, Hasil Kreativitas SMKN 1 Kandanghaur"