Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140 - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Kelas 3, Artikel Kunci Jawaban, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140 ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140. Selamat menambah wawasan!

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

 yang dipelajari adalah temanya tentang  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 Halaman 136, 138, 139, 140 - Pada Tema 2 Subtema 3, yang dipelajari adalah temanya tentang Menyayangi Tumbuhan. Pada Subtema 3 ini terdiri dari 6 kegiatan pembelajaran yang harus di selesaikan oleh siswa baik tugas kelompok maupun individu. Dengan itu kami menyajikan alternatif Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 lengkap sebagai sumber media belajar siswa.

Buku Siswa ini digunakan sebagai sumber media belajar  untuk kelas 3 SD/MI, buku ini merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2018.

Dalam Tema 2 Subtema 3 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban lengkap pembelajaran 4 halaman 136-140.

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 136-140

Ayo Membaca
Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.

Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.

Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 136

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  1. Apa sajakah peran dari ayah? Peran ayah dalam keluarga adalah sebagai kepala keluarga
  2. Selain peran yang telah disebutkan dalam teks, sebutkanlah peran ayah yang lain!  Selian sebagai kepala keluarga ayah juga berperan mencari nafkah dan melindungi keluarga.
  3. Apa bunyi sila kelima Pancasila? Bunyi sila kelima Pancasila adalah Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  4. Sikap menjaga keseimbangan hak dan kewajiban adalah pengamalan sila kelima Pancasila. Tulislah satu hak dan satu kewajibanmu di rumah! Hak mendapatkan kasih sayang, Kewajiban: belajar dengan tekun.
  5. Sikap melaksanakan tugas-tugas di rumah merupakan pelaksanaan dari kewajiban. Tulislah daftar tugas anggota keluargamu di rumah!

 yang dipelajari adalah temanya tentang  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 137

Ayo Bercerita
Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia mendapat tugas untuk menyiram tanaman setiap sore. Biasanya Siti menyiram tanaman setelah menyapu dan mengepel lantai. Apa yang menjadi tugasmu sehari-hari di rumah? Bagaimanakah perasaanmu saat melakukan tugas? Ceritakanlah pengalamanmu dalam melaksanakan tugas sehari-hari di rumah!

Aku mendapat tugas membantu ibu mengepel lantai. Lantai rumah biasanya dipel setiap tiga hari sekali atau jika lantai sudah terlihat kotor. Aku bersama ibu membersihkan seluruh ruangan yang ada di rumah. Saat mengepel lantai bersama ibu aku merasa sangat senang karena membantu meringankan tugasnya.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 138

Ayo Menulis
Siti dan teman-temannya akan melakukan kegiatan wawancara. Mereka akan mewawancarai orang di sekitar sekolah tentang cara perawatan tanaman. Sebelum melakukan kegiatan wawancara, mereka belajar membuat pertanyaan wawancara. Siti akan membuat daftar pertanyaan tentang cara perawatan tanaman. Kita bantu Siti membuat daftar pertanyaan, yuk!
  1. Apa saja jenis tanaman yang memerlukan perawatan?
  2. Siapa saja yang bertugas merawat tanaman?
  3. Mengapa tanaman perlu dirawat?
  4. Bagaimana cara merawat tanaman dengan baik?
  5. Kapan sebaiknya perawatan tanaman dilakukan?

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 139

Ayo Mencoba
Lakukanlah kegiatan wawancara. Kamu dapat melakukannya secara berkelompok.

Pada saat istirahat siti dan teman-temannya menemui tukang kebun yang ada di sekolah mereka. Siti dan teman-temanya ingin menanyakan cara merawat tanaman. Siti menghampiri Pak Udin yang sedang merawat tanaman di halaman sekolah.

 yang dipelajari adalah temanya tentang  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

Setelah selesai mewawancarai Pak Udin ketiganya berpamitan untuk kembali masuk kelas.

Ayo Bercerita
Presentasikanlah hasil wawancaramu di depan kelas!

 yang dipelajari adalah temanya tentang  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

Ayo Mencoba
Tanaman akan tumbuh sehat bila cukup mendapat air dan sinar matahari. Manusia akan sehat jika banyak bergerak atau berolahraga. Dengan bergerak maka peredaran darah dalam tubuh akan lancar. Peredaran darah yang lancar membantu penyebaran oksigen ke seluruh tubuh.

Permainan tapak gunung banyak melakukan gerakan. Dalam permainan ini dilakukan gerakan melompat, menekuk, dan memutar. Permainan tapak gunung membuat badan menjadi sehat.

Saat melakukan permainan tapak gunung ada beberapa sikap yang perlu kita ingat. Sikap sportif dan sabar menunggu giliran perlu dilakukan. Saat memenangkan permainan, maka kita bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, saat kalah kita berbesar hati mengakui kehebatan lawan. Jika semua hal itu dilakukan maka bermain tapak gunung akan bertambah seru.

Melakukan Permainan Tapak Gunung
Siti dan teman-temannya berkumpul di lapangan. Kegiatan olahraga hari ini akan melakukan kegiatan tapak gunung.

Cara Bermain :

 yang dipelajari adalah temanya tentang  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

  1. Semua pemain melakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan melakukan permainan pertama kali.
  2. Pemain pertama melompat dengan satu kaki dari kotak 1 sampai kotak atas, kemudian kembali lagi untuk mengambil gaco di kotak satu dengan posisi kaki diangkat satu
  3. Pemain melempar gaco sampai ke kotak kedua, jika sampai keluar ke kotak kedua pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
  4. Begitu seterusnya sampai semua kotak sudah dilempar dengan gaco
  5. Jika semua telah dilakukan pemain, maka pemain melemparkan gaco dengan membelakangi engkleknya. Jika pas pada kotak yang dikehendaki maka kotak itu menjadi rumahnya
  6. Jika semua kotak telah dimiliki oleh pemain maka permainan dinyatakan selesai
  7. Pemenang adalah pemain yang paling banyak memiliki rumah dari kotak-kotak engklek yang digambar.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 140

Kegiatan Bersama Orang Tua 
Orang tua bersama siswa mendiskusikan cara merawat tanaman.

  1. Melakukan Teknik Penyiraman Air yang Tepat
  2. Memberikan Sinar Matahari Secara Merata
  3. Kontrol Suhu & Kelembapan yang Pas
  4. Antisipasi Hama dan Penyakit Sejak Dini
  5. Potong Tanaman yang Kering atau Mati
  6. Hindari Pupuk Kimia


Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140, semoga dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua. Jika sahabat ada pertanyaan, silahkan bisa sahabat ajukan di kolom komentar.


Penutup Artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140

Demikian artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140 kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140 dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2009/02/kunci-jawaban-buku-siswa-tema-2-kelas-3_0.html

Artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140 ini kami arsipkan pada kategori Kelas 3 Kunci Jawaban.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 Halaman 136, 138, 139, 140"