Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020

√ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020 - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Blogger, Artikel Blogging, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020 ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020. Selamat menambah wawasan!

√ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020

Memiliki kecepatan loading blog yang cepat adalah keinginan semua pemilik blog. Sebab, kecepatan loading blog berpengaruh pada SEO On-Page dan pengalaman pengunjung.

Jadi, semakin cepat loading blog, semakin bagus pula ranking blog di SERP.

Terlebih belakangan ini, salah satu search engine raksasa bernama Google, dalam algoritma terbarunya mengatakan bahwa kecepatan loading blog dan pengalaman pengunjung menjadi salah satu faktor penting dan semakin diperhatikan oleh Google.

Selain itu, menurut sebuah studi kasus, sebagian besar pengunjung akan meninggalkan halaman blog yang membutuhkan waktu loading 10 detik, artinya kecepatan loading blog juga berpengaruh pada tingginya bounce rate.

Jadi, apakah kamu masih menganggap kecepatan loading blog tidak penting?

Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog

1. Memasang Lazy Load

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mempercepat loading blog adalah dengan cara memasang Lazy Load, adalah teknik yang menunda pemuatan dari resource yang tidak penting pada waktu pemuatan halaman.

Lazy load terbukti efektif untuk mempercepat loading blog dan hampir semua blog telah memasang lazy load, termasuk saya sendiri. Ada beberapa macam pilihan lazy load yang bisa kamu pasang, diantaranya ialah lazy load gambar dan video, lazy load adsense.

2. Memasang DNS Prefetch

DNS Prefetch [Domain Name System Prefetching] adalah salah satu cara mempercepat pemuatan domain tertentu. Meskipun secara bandwidth pengaruhnya kecil, namun secara latency pengaruhnya cukup besar.

Walaupun DNS prefetch tidak se-efektif lazy load, namun bisa menurunkan latency bahkan sampai 1 detik.

3. Minify HTML dan CSS

Minify adalah teknik mengilangkan karakter yang tidak diperlukan dalam kode untuk diproses. Karakter yang dimaksud adalah spasi, baris baru, komentar dan delimiter.

Meskipun membantu mempercepat loading blog, kekurangan melakukan minify HTML dan CSS ialah kode HTML dan CSS akan sulit untuk dipahami, sebenarnya sih ngga sulit-sulit amat. Namun jika kamu sudah selesai mengedit template blog, maka lebih baik untuk melakukan minify.

Selain itu, melakukan minify juga bermanfaat mengurangi cloning template karena akan sulit dimengerti.

Sebenarnya bukan hanya HTML dan CSS saja yang bisa di minify, JavaScript pun juga bisa, tetapi untuk melakukan minify pada JavaScript terbilang susah dan ribet. Maka dari itu, tips berikutnya bisa menjadi solusi daripada harus melakukan minify JavaScript.

4. Mengubah JavaScript Menjadi Inline

Bagi kamu yang belum mengerti, maksudnya ialah mengubah JavaScript yang dihosting sendiri [eksternal] menjadi kedalam edit HTML.

JavaScript eksternal, contohnya yang berwarna biru.

Lalu buka urlnya di browser, kemudian copy kodenya lalu letakkan kode seperti berikut:

Sekarang JavaScriptnya sudah menjadi inline.

5. Hapus Widget yang Tidak Digunakan

Selain menghapus JavaScript, jangan lupa untuk menghapus widget yang berlebihan apalagi jika tidak ada manfaatnya sama sekali. Widget yang terlalu banyak hanya akan memberatkan loading blog kamu, meskipun itu bagus untuk menghias blog.

Saya sendiri suka blog yang sederhana dan simpel tapi tampilanya menarik. Intinya janga terlalu memasang banyak widget yang banyak.

6. Memperkecil Ukuran Gambar

Hal terakhir yang harus kamu lakukan jika ingin mempercepat loading blog adalah memperkecil ukuran gambar [kompres]. Cara yang terakhir ini lumayan efektif untuk mempercepat loading blog, karena bekerja dengan cara mengurangi ukuran sebuah gambar, namun kualitas gambarnya masih bagus.

Sedikit informasi, tips pertama dan terakhir ini sangat bagus jika dipadu-padankan, untuk mengetahui seberapa efektifnya, cobalah kamu terapkan sendiri.

Itulah sedikit tips untuk mempercepat loading blog dari saya, semoga tips diatas membantu mempercepat loading blog kamu.


Penutup Artikel √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020

Demikian artikel √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020 kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020 dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2018/01/tips-cara-mudah-mempercepat-loading.html

Artikel √ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020 ini kami arsipkan pada kategori Blogger Blogging.

Post a Comment for "√ Tips Cara Mudah Mempercepat Loading Blog 2020"