Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu

√ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Editorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu. Selamat menambah wawasan!

√ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu

Masa haid hari pertama pastinya akan terasa nyeri dan kram yang sangat kuat di bagian rahim. Sehingga tidak heran bila ada beberapa orang yang sampai menghentikan aktivitasnya karena tidak tahan menahan nyeri di rahim saat haid. Berikut saya akan menjelaskan mengenai penyebab rasa nyeri pada saat haid hari pertama.

Penyebab Nyeri di Hari Pertama Haid

Ada berbagai penyebab yang menimbulkan rasa nyeri saat haid hari pertama. Berikut adalah penjelasannya.

1.Kontraksi Hebat di Rahim

Pada saat akan memasuki masa haid, rahim akan mengalami kontraksi hebat di dalamnya. Dengan adanya kontraksi tersebut bersamaan dengan meluruhnya lapisan dinding rahim yang menempel sebagai tempat pembuahan sel telur. Alhasil rasa nyeri dan kram perut dapat Anda rasakan saat hari pertama haid.
Biasanya kondisi rasa nyeri dan kram berlangsung selama dua hingga empat hari saja. Namun rasa ini dapat dikurangi dengan menerapkan beberapa cara mengatasi kram perut saat haid. Dengan begitu rasa nyeri dan kram perut Anda dapat segera diatasi dengan cepat.

2. Faktor Meningkatnya Hormon

Hormon progesteron akan mengalami peningkatan pada saat hari pertama haid. Hormon tersebut berasal dari jaringan ikat kelenjar yang telah melepaskan sel telurnya setiap bulan setelah matang. Dengan adanya hormon progesteron ini, membuat lubang mulut hingga mulut rahim menjadi tegang dan sempit. Alhasil darah haid dapat keluar dan menyebabkan rasa nyeri perut.

3. Terkena Endometriosis

Penyebab selanjutnya adalah karena terkena endometriosis. Kondisi ini dapat membuat wanita tidak kuat menahannya rasa nyeri dan kram di perut. Hal ini dapat terjadi karena endometrium yang ada di rahim mengalami pertumbuhan keluar secara terus menerus. Alhasil wanita tersebut harus dilakukan pengecekkan ke dokter untuk menjalani perawatan intens.

Ada berbagai penyebab nyeri haid hari pertama yang dirasakan oleh wanita. Mulai dari dalam tahap wajar hingga yang tergolong tidak normal. Rasa nyeri tersebut dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan menggunakan pad iFree. Bila rasanya cepat hilang, maka rasa nyeri tersebut masih dalam tahap wajar. Namun bila rasanya semakin kuat, maka harus periksa ke dokter.


Penutup Artikel √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu

Demikian artikel √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2018/01/penyebab-nyeri-haid-yang-harus-anda-tahu.html

Artikel √ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu ini kami arsipkan pada kategori Editorial.

Post a Comment for "√ Penyebab Nyeri Haid yang Harus Anda Tahu"