Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI

√ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Android x86, Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI. Selamat menambah wawasan!

√ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI

Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial menginstall salah satu android-x86 pada PC yakni PrimeOS. PrimeOS memiliki banyak yang fitur seperti kebanyakan android pada smartphone dan tampilan yang keren.

Untuk segi performa dan kompatibel PrimeOS cukup memuaskan, dan tentunya PrimeOS akan terus update untuk kedepannya. Kekurangan yang paling mencolok dari PrimeOS yakni terdapat pada Keymappernya, khususnya pada bagian kursor sehingga kurang nyaman untuk bermain beberapa game fps.

Baiklah, disini saya akan menginstal PrimeOS pada partisi EXT4 tentunya untuk meningkatkan performa daripada anda menginstal PrimeOS dipartisi NTFS. Sebelum menuju tahan instal, Anda memerlukan beberapa alat dan aplikasi. Silakan download semua bahan melalui link berikut.

Pesyaratan Spesifikasi :

  • 64 bit SSE 4.2 support
  • Intel/AMD dual core prosesor
  • 2GB RAM
  • 8GB penyimpanan

Bahan dan alat :

- Flashdisk > 8GB
- PrimeOS ISO/exe (ISO untuk LEGACY & UEFI, exe untuk UEFI)
   Link : Official
Catatan :
Terdapat tiga versi PrimeOS yakni Classic 32 bit, Standard dan Mainline. Pilih versi yang cocok dengan PC anda sesuai dengan spesifikasi hardware, pada intinya jika untuk system keluaran 2014 keatas bisa menggunakan versi Mainline, untuk 2011 keatas versi Standard dan untuk keluaran lama bisa mencoba versi Classic. Untuk lebih jelas klik menu Help atau melalui link berikut.
- Linux File Systems for Windows by Paragon
   Link : Official
- MiniTool Partition Wizard
   Link : Official
- Bootice
   Link : Official
- File Boot PrimeOS
   Link : GDrive
- Rufus
   Link : Official
Setelah download bahan, silakan install Paragon dan MiniTool

1. Cara Instal PrimeOS Bios Legacy & UEFI (ISO)

Berikut cara instal Prime OS menggunakan file ISO pada semua bios.

Partisi Harddisk

Pertama adalah Partisi Harddisk, sebenarnya kita bisa menggunakan fitur bawaan windows yakni Disk Management.

Anda bisa memilih tanpa/menggunakan aplikasi yang memiliki user interface yang menarik dan fitur lebih. Berikut cara partisi menggunakan MiniTool Patition Wizard.

1. Buka aplikasi MiniTool Partition Wizard, Lalu pilih partisi mana yang akan dipotong untung membuat partisi baru. Disini saya memilih Local Disk D:/ , klik kanan pilih Move/Resize.


2. Tentukan ukuran partisi dengan menekan arah, Mininal Unallocated Space adalah 8GB. Disini saya mengunakan ukuran 12GB agar nanti internal PrimeOS lebih besar.


Dan hasilnya akan seperti berikut..


3. Klik kanan pada Unalloacated Space dan pilih Create.


4. Beri nama pada partition label seperti PrimeOS, untuk File System kita biarkan dulu NTFS. Pada Partition Size isi ukuran maksimal dari partisi Unallocated tadi yakni 12GB dan klik OK.


5. Klik Apply pada pojok kiri dan tunggu proses partisi selesai.


Membuat USB Bootable

Tahan berikutnya adalah memebuat USB Bootable dengan menggunakan Rufus. Cara cukup gampang berikut langkah-langkah membuat USB Bootable Prime OS.

1. Pada pilihan Device pilih Flaskdisk yang akan digunakan untuk membuat USB Bootable. Disini saya menggunakan flashdisk dengan ukuran 16GB.

2. Setelah itu pilih SELECT kemudian pilih file PrimeOS ISO, untuk memulai proses klik START dan tunggu hingga proses selesai.



Installasi PrimeOS

Setelah membuat USB Bootable, selanjutnya adalah proses install PrimeOS. Berikut langkah-langkah cara instal PrimeOS:

1. Restart laptop atau komputer kemudian masuk menu BIOS. Silakan matikan Secure Boot dan atur Boot Priority menjadi USB Flash Drive. pilih Save and Exit

2. Pada menu GRUB Installation pilih PrimeOS Installation kemudian Enter.


3. Pilih partisi yang sudah dibuat tadi.


4. Pada menu berikut pilih format ext4, dan akan muncul konfirmasi format partisi pilih Yes. Bila muncul install system as R/W (Read/Write), pilih Yes.


5. Pada pilihan Do you want to install EFI GRUB2?, silahkan pilih Yes jika menggunakan bios UEFI.


6. Pilih Reboot untuk masuk Windows terlebih dulu, dan anda bisa mencabut flashdisk agar tidak kembali keproses awal installasi.


Bagi Anda yang menggunakan UEFI silahkan reboot lagi perangkat dan pilih boot untuk PrimeOS. Dan untuk LEGACY silahkan membuat boot secara manual melalui langkah berikut.

Membuat Boot (LEGACY)

Langkah berikutnya yakni membuat boot PrimeOS khusus untuk bios Legacy. Berikut cara membuat boot PrimeOS secara manual.

1. Copy file BOOT PrimeOS ke Local Disk C:\
2. Buka Aplikasi BOOTICE, pilih tab BCD kemudian klik Easy mode.


3. Setelah itu akan muncul tab BCD, klik menu Add kemudian pilih New RealMode entry (Grub/Linux). Pada Boot disk pilih Harddisk anda dan pada Partition pilih Local Disk C:\.

Berikutnya pada kolom OS title isi beri nama Prime OS dan pada Boot file ketik nama file boot yang terdapat di Local Disk C:\ yakni \PrimeOS. Terakhir Save curret system.



Setelah membuat boot untuk PrimeOS anda perlu mengganti nama  folder yang terdapat pada partisi Prime OS.

Ganti nama folder android menjadi Prime-OS

Setelah semua langkah diatas selesai, reboot PC anda dan pilih Prime OS pada saat pemilihan OS.

2. Cara Instal PrimeOS Khusus Bios UEFI (exe)

Berikut langkah-langkah cara instal PrimeOS pada bios UEFI 64bit.

1. Jalankan installer PrimeOS yang sudah didownload. lalu pilih Next.

2. Pilih partisi dan tentukan ukuran pastisi untuk PrimeOS, saya menyarankan 16 GB keatas.


3. Selanjutnya pilih start untuk memulai proses instalasi.


Catatan: Apabila terdapat pop up cmd dan disk manager silahkan abaikan saja.

- Lalu perangkat akan restart dan tunggu instalasi PrimeOS berikutnya.
- Setelah instalasi, Anda akan memiliki menu boot untuk PrimeOS dan Windows.


Sekian artikel Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Penutup Artikel √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI

Demikian artikel √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/tutorial-install-primeos-di-partisi.html

Artikel √ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI ini kami arsipkan pada kategori Android x86 Tutorial.

Post a Comment for "√ Tutorial Install PrimeOS di Partisi EXT4 Bios LEGACY & UEFI"