Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi

√ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Komputer, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi. Selamat menambah wawasan!

√ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi

 CPU sering disebut sebagai otak dan komputer kontrol pusat √  Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi
Organisasi Prosesor, Register & Siklus Instruksi - CPU sering disebut sebagai otak dan komputer kontrol pusat, yang didukung oleh kompunen lainnya. Prosesor adalah IC untuk mengontrol operasi keseluruhan dari sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan belanja.

Prosesor terdapat di dalam soket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat digantikan oleh prosesor lain yang disediakan sesuai dengan seri soket. Sebuah pengaruh yang sangat besar pada kecepatan komputer dan kapasitas tergantung pada jenis prosesor.

Organisasi Prosesor

Organisasi Processor terdiri dari :

1. ALU (Arithmatic and Logical Unit) : untuk melakukan komputasi atau pengolahan data aktual
2. CU (Control Unit) : untuk mengontrol perpindahan data dan instruksi ke / dariCPU dan juga mengontrol operasi ALU.
3. Register: memory internal CPU

Hal-hal atau tahapan yang perlu dilakukan cpu adalah:

1. Fetch instruction / mengambil instruksi : cpu harus membaca instruksi dari memori.
2. Interpret instruction / menerjemahkan instruksi : instruksi harus didekode untuk menentukan aksi apa yang diperlukan.
3. Fetch data / mengambil data : eksekusi suatu instruksi mungkin memerlukan pembacaan     data dari memori atau modul i/o.
4. Process data / mengolah data : eksekusi suatu instruksi mungkin memerlukan operasi aritmetika atau logika terhadap data.
5. Write data / menulis data : hasil eksekusi mungkin memerlukan penulisan data ke memori   atau modul i/o.

Organisasi Register

Organisasi register meliputi jenis-jenis register di bawah ini:

1. General: terdapat 8 buah register general-purpose 32-bit. Register-register ini juga dapat menampung operand-operand untuk keperluan kalkulasi alamat.
2. Segment: keenam register segmen 16-bit berisi pemilih segmen, yang diindex ke dalam tabel segmen.
3. Flags: register eflag berisi kode kondisi (persyaratan) dan bermacam-macam bit mode.
Instruction pointer: berisi alamat instruksi saat itu.

Register pada cpu memiliki 2 fungsi:

1. User-visible registers: register ini memungkinkan pemrogram bahasa mesin dan bahasa assembler meminimalkan referensi main memori dengan cara mengoptimasi penggunaan register.
2. Control and status registers: register-register ini digunakan oleh unit kontrol untuk mengontrol operasi cpu dan oleh program sistem operasi untuk mengontrol eksekusi program.

Sirklus Instruksi

Sebuah siklus instruksi meliputi subsiklus-subsiklus berikut ini:

1. Fetch: membaca instruksi berikutnya dari memori ke dalam cpu.
2. Execute: menginterpretasikan opcode dan melakukan operasi yang diindikasikan.
3. Interrupt: apabila interrupt diaktifkan dan interrupt telah terjadi, simpan status proses saat   itu dan layani interrupt.

Siklus Tak Langsung
Eksekusi sebuah instruksi melibatkan sebuah operand atau lebih di dalam memori, yang masing-masing operand memerlukan akses memori. Kemudian, apabila digunakan pengalamatan tak langsung, maka diperlukan akses memori tambahan.

Machine cycle
Machine cycle atau nama lainnya adalah processor cycle atau instruction cyclemerupakan merupakan suatu siklus instruksi dasar yang dikerjakan oleh cpu di dalam melakukan eksekusi suatu instruksi. Rangkaian proses eksekusi instruksi ini dimulai dari proses fetching data dan instruksi yang ada didalam memori hingga proses penulisan kembali hasil eksekusi instruksi tersebut ke dalam memori.


Secara garis besar siklus instruksi dibagi ke dalam beberapa tahapan yaitu:

Proses Fetching
Merupakan proses dimana instruksi dan data akan di load dari memori ke dalam cpu. Proses ini dimulai dari pengambilan alamat instruksi yang terdapat di dalam pc (program counter). Alamat yang terdapat di dalam pc ini merupakan alamat valid dari instruksi dan data yang disimpan ke dalam memori utama, dan merupakan alamat instruksi yang akan dieksekusi.

Berdasarkan alamat instruksi yang terdapat di dalam pc, cpu akan mengambil instruksi tersebut untuk ditempatkan ke dalam register (instruction register/ ir) yang menyimpan instruksi yang akan dieksekusi.

Proses Decoding
Merupakan tahapan dimana instruksi akan di terjemahkan (interpret) ke dalam perintah-perintah bahasa mesin dasar (add, sb, mba, sta, jmp, dll). Proses ini dilakukan oleh instruction decoder.

Proses Executing
Pada tahapan dimana instruksi akan dieksekusi di dalam cpu, yaitu oleh alu (arithmetic logic unit).


Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi - Sumber : mmusbirr, rplsmkn1lmj


Penutup Artikel √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi

Demikian artikel √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/organisasi-prosesor-register-dan-siklus.html

Artikel √ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi ini kami arsipkan pada kategori Komputer.

Post a Comment for "√ Organisasi Prosesor, Register dan Siklus Instruksi"