Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

√ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Komputer, Artikel Windows, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop. Selamat menambah wawasan!

√ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop  √  4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop - FPS (Frame Per Second) pada game merupakan jumlah frame atau gambar yang dapat ditampilkan dalam waktu 1 detik. FPS umumnya digunakan sebagai acuan seberapa lancar suatu game berjalan di PC. Semakin tinggi FPS yang didapat pada saat bermain game, maka semakin halus gameplay yang didapat.

Jumlah FPS yang tampil pada game tergantung pada hardware yang Anda gunakan, seperti prosesor, RAM, storage dan tentunya VGA. Namun terkadang jumlah fps yang ditampilkan menurun bukan karena kemampuan hardware, melainkan karena driver yang terpasang belum optimal dan game tidak kompatibel.

Baca juga: Cara Menampilkan FPS di Android Tanpa Root & Root

Untuk mengukur jumlah dan kestabilan FPS pada game dapat menggunakan software pendukung. Dengan software berikut Anda dapat melihat jumlah FPS saat bermain game dan mengetahui performa dari hardware Anda. Apa saja software yang bisa digunakan untuk mengukur atau menampilkan FPS? yuk simak beberapa software dan cara untuk menampilkan FPS berikut.

Cara Menampilkan FPS di Game PC

Pada Berikut empat cara yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan dan mengukur FPS atau Frame Rate pada layar PC atau laptop saat bermain game seperti CSGO dan PUBG, bisa diterapkan di AMD maupun Nvidia.

1. Menggunakan MSI Afterburner

Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop  √  4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

Cara menampilkan FPS yang pertama yaitu dengan MSI Afterburner. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua pengguna PC, terlepas dari kartu grafis apa yang Anda gunakan. Software ini bisa diunduh secara free dari web MSI Afterburner.

Saat proses instalasi, pastikan Anda mencentang kotak MSI Afterburner dan Rivatuner Statistics Server. Sebab kedua aplikasi bekerja bersama- sama untuk menunjukkan FPS di PC Anda. Selain untuk menampilkan FPS, MSI Afterburner juga bisa menampikan statistik lain seperti penggunaan CPU, RAM, suhu dan VGA atau GPU.

Berikut cara menampilkan FPS dengan MSI Afterburner:

  1. Download MSI Afterburner disini dan instal hingga selesai.
  2. Jalankan dan pilih menu setting pada ikon gear.
  3. Lalu masuk pada tab Monitoring, scroll kebawah dan pilih aktifkan opsi Framerate.
  4. Selanjutnya centang pada opsi Show in On-Screen Display, kemudian klik OK.
  5. Pastikan aplikasi RivaTunner Statistics Server juga berjalan, Anda dapat melakukan setting lanjutan pada paket software Afterburner ini.
  6. Jalankan game dan FPS beserta detail statistik lain seperti suhu CPU, GPU dan RAM akan muncul pada pojok kiri atas layar.

2. Menggunakan FRAPS

Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop  √  4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

Cara menampilkan FPS berikutnya yang termudah adalah menggunakan Fraps. Software ini terbilang paling mudah dan praktis diantara yang software lainnya. Kebanyakan orang memilih memakai Fraps untuk menampilkan FPS pada game PC karena software ini sangat ringan dan ukuran filenya yang kecil.

Cara menggunakan FRAPS:

  1. Download FRAPS disini, kemudian silahkan instal.
  2. Jalankan FRAPS dan FPS sudah bisa tampil secara default pada game.
  3. Anda cukup memilih centang pada Minimize to system tray only dan merubah opsi lain pada tab FPS.
  4. Jalankan game dan FPS akan tampil pada pojok kiri atas layar.

3. Menggunakan NVIDIA Geforce Experience

Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop  √  4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

Bagi Anda yang menggunakan kartu grafis (VGA) dari NVIDIA, Anda bisa menggunakan fitur yang dimilki NVIDIA Geforce Experience untuk menampilkan FPS di semua game. NVIDIA Geforce Experience adalah aplikasi pelengkap untuk kartu grafis dari NVIDIA untuk mengoptimal pengaturan pada game.

Cara menampilkan FPS dengan NVIDIA Geforce Experience:

  1. Download NVIDIA Geforce Experience disini, dan intal seperti biasa.
  2. Jalankan dan pilih ikon gear.
  3. Selanjutnya pilih menu Overlay.
  4. Pada menu FPS Counter pilih On dan atur posisi untuk dimana FPS akan tampil.
  5. Terakhir, Jalankan game dan FPS akan tampil pada pojok kiri atas layar.

4. Menggunakan AMD Radeon Adrenalin

Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop  √  4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

AMD Radeon Adrenalin merupakan driver terbaru untuk kartu grafis seri AMD. Nah, bagi Anda yang menggunakan kartu grafis AMD, Anda dapat menggunakan software AMD Radeon ini untuk menampilkan FPS dan statistik lainnya pada game.

Cara menampilkan FPS AMD Radeon Adrenalin:

  1. Download AMD Radeon Adrenalin disini, dan intal.
  2. Jalankan dan pilih menu Gaming.
  3. Berikutnya pilih Global Graphics lalu klik Performance Monitoring.
  4. Aktifkan opsi pada FPS dan beberapa opsi lain yang diperlukan.
  5. Tekan Ctrl+Shift+O untuk mulai menampilkan FPS.

Akhir Kata

Nah, itu tadi software-software yang bisa digunakan untuk menampilkan FPS(frame per second) pada game di PC atau Laptop. Tentunya dengan software-software tersebut dapat mengetahui game mana yang lancar dimainkan(playlable) dan mana yang perlu optimasi.

Baiklah sekian saja artikel Cara Menampilkan FPS di Game PC ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaaat. Jangan lupa ikuti terus untuk mendapatkan update artikel menarik seputar game dan teknologi.



Penutup Artikel √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop

Demikian artikel √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/03/4-cara-menampilkan-fps-di-game-pc-dan.html

Artikel √ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop ini kami arsipkan pada kategori Komputer Windows.

Post a Comment for "√ 4 Cara Menampilkan FPS di Game PC dan Laptop"