Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

√ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021 - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Android, Artikel Xiaomi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021 ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021. Selamat menambah wawasan!

√ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Cara Hapus File Lainnya Serbaneka di HP Xiaomi √  5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Cara hapus file lainnya di Xiaomi - File sampah di smartphone Android akan semakin menumpuk seiring lamanya penggunaan. Sehingga banyak pengguna yang mengeluh karena penyimpanan yang penuh karena file sampah tersembunyi, terlebih lagi file ini tidak mudah untuk di bersihkan.

Khususnya untuk HP Xiaomi, ketika kamu mengecek sisa penyimpanan melalui File Manager maka kamu akan menemui kategori lainnya, serbaneka atau data Misc yang memakan banyak memori internal. Dan file sampah yang menumpuk akan termasuk kategori ini.

Dengan memori internal yang hampir penuh tentunya dapat membuat HP Xiaomi kamu semakin lemot. Lalu bagaimana cara membersihkan file lainnya di Xiaomi Redmi 4a, 4x, 5a, 6a dan seri lain?. Nah pada artikel kali ini akan membagikan pembahasan cara menghapus file lainnya di Xiaomi, yuk langsung cek di bawah ini.

Apa Itu File Lainnya di Xiaomi

Pada MIUI File Manager dan pengaturan kamu bisa mengecek penggunaan memori baik itu internal maupun eksternal. Ada berbagai kategori format file yang tersedia mulai dari gambar, video, musik, dokumen, APK dan file lainnya atau serbaneka.

Yang berarti file lainnya di Xiaomi ini adalah file dengan berbagai format yang dapat berupa berkas thumbnail, cache, obb maupun data aplikasi. Apabila dibiarkan berkas sampah ini akan terus menumpuk dan membuat memori semakin penuh.

Aktifkan Opsi Berkas Tersembunyi

Cara Hapus File Lainnya Serbaneka di HP Xiaomi √  5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Sebelum menuju cara menghapus serbaneka atau file lainnya tanpa aplikasi yang pertama, pastikan kamu sudah mengaktifkan opsi untuk menampilkan dan menghapus file tersebunyi Xiaomi pada aplikasi File Manager bawaan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk File Manager.
  2. Tap menu ⢰ pada pojok kanan atas.
  3. Lalu pilih Tampil berkas tersembunyi.

Cara Hapus File Lainnya di Xiaomi Tanpa Aplikasi

Ada berbagai metode yang bisa kamu coba untuk menghapus other file yang sudah menumpuk. Berikut beberapa cara menghapus file lainnya di HP Xiaomi tanpa aplikasi dan tentunya tanpa root.

1. Hapus File Thumbnail

Cara Hapus File Lainnya Serbaneka di HP Xiaomi √  5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Cara menghapus file lainnya di Xiaomi tanpa aplikasi yang pertama adalah mencari dan menghapus file thumbnail yang kebanyakan berformat .0, .1 dam .idx. Berikut langkah-langkah menghapus file thumbail di Xiaomi:

  1. Buka aplikasi File Manager bawaan di HP Xiaomi kamu.
  2. Lalu pilih penyimpanan internal.
  3. Gunakan fitur pencarian dan ketik kata thumb atau thumbnail.
  4. Tunggu sebentar sampai semua pencarian file thumb selesai.
  5. Berikutnya pilih dan centang semua file thumbnail tersebut.
  6. Lalu pilih Hapus melalui menu di bagian bawah dan tunggu proses penghapusan file thumbnail hingga selesai.

2. Hapus Cache MIUI

Cara Hapus File Lainnya Serbaneka di HP Xiaomi √  5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Selain file thumbnail, terdapat pula file cache menumpuk yang berasal dari MIUI galeri dan termasuk pada file lainnya. Berikut langkah-langkah membersihkan file cache Xiaomi tanpa aplikasi:

  1. Buka aplikasi File Manager dan pilih penyimpanan internal.
  2. Masuk ke folder MIUI - Galeri - cloud - .cache dan juga .trashBin.
  3. Pilih dan centang semua file di dalam folder tersebut.
  4. Lalu Hapus dan tunggu proses hapus file cache hingga selesai.

3. Hapus File Database WhatsApp

Cara hapus file lainnya di Xiaomi yang sudah bergiga-giga juga bisa melalui aplikasi chatting yang umum digunakan, yakni WhatsApp. WA akan otomatis mencadangkan data dan akan terus menumpuk sehingga membuat penyimpanan semakin sesak, berikut cara menghapusnya:

  1. Buka aplikasi File Manager lalu pilih penyimpanan internal.
  2. Masuk ke folder WhatsApp - Databases.
  3. Pilih dan centang semua file di dalam folder tersebut.
  4. Lalu Hapus dan tunggu prosesnya hingga selesai.

4. Hapus File Sampah & Terkirim WhatsApp

Selain database yang berukuran besar, kamu juga bisa menghapus cache dan file yang sudah terkirim di WhatsApp untuk membersihkan file lainnya di Xiaomi. Berikut langkah-langkah menghapus file sampah di WhatsApp HP Xiaomi.

  1. Buka aplikasi File Manager kembali dan pilih penyimpanan internal.
  2. Masuk ke folder WhatsApp - Media lalu buka list folder di bawah ini satu-persatu:
    • WhatsApp Stickers.
    • WhatsApp Voice Notes.
    • WhatsApp Animated Gifs - Sent.
    • WhatsApp Audio - Sent.
    • WhatsApp Document - Sent.
    • WhatsApp Images - Sent.
    • WhatsApp Stickers - Sent.
    • WhatsApp Video - Sent.
  3. Pilih dan centang semua file pada folder tersebut.
  4. Lalu pilih Hapus dan tunggu prosesnya hingga selesai.

5. Menggunakan Pembersih Bawaan Xiaomi

Cara Hapus File Lainnya Serbaneka di HP Xiaomi √  5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Perangkat Xiaomi memiliki aplikasi pembersih atau cleaner bawaan dari MIUI. Aplikasi pembersih ini berfungsi secara otomatis untuk mendeteksi dan membersihkan file sampah atau file lainnya yang menumpuk.

Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, kamu cukup buka aplikasi Pembersih dan tunggu proses scanning. Setelah itu klik tombol Bersihkan untuk menghapus file atau berkas sampah yang menumpuk.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Hapus File Lainnya di Xiaomi dengan Aplikasi Tambahan

Cara Hapus File Lainnya Serbaneka di HP Xiaomi √  5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Apabila kamu kesulitan untuk menghapus cache secara manual, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi tambahan tanpa root untuk mendeteksi dan menghapus cache secara otomatis, berikut langkah-langkahnya.

  1. Download dan instal aplikasi 1Tap Cleaner melalui Google Play Store.
  2. Buka Aplikasi 1Tap Cleaner dan berikan perizinan aplikasi yang diperlukan.
  3. Selanjutnya pilih menu Pembersih cache.
  4. Pilih dan centang semua aplikasi yang memiliki file cache cukup besar.
  5. Tap ikon sapu untuk mulai membersihkan file cache di HP Xiaomi kamu.

Akhir Kata

Nah itulah cara menghapus file lainnya di Xiaomi yang bisa kamu terapkan untuk menghapus file sampah tersembunyi yang menumpuk. File lainnya ini memang tidak dapat terhapus total 100% karena file data yang diperlukan aplikasi juga termasuk.

Namun setidaknya cara di atas akan melegakan penyimpanan atau memori internal secara signifikan. Baiklah sekian saja artikel cara menghapus file lainnya atau serbaneka di HP Xiaomi ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Penutup Artikel √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021

Demikian artikel √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021 kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021 dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2015/02/5-cara-hapus-file-lainnya-serbaneka-di.html

Artikel √ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021 ini kami arsipkan pada kategori Android Xiaomi.

Post a Comment for "√ 5 Cara Hapus File Lainnya (Serbaneka) di HP Xiaomi 2021"