Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun

√ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun. Selamat menambah wawasan!

√ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun

Beberapa batu candi peninggalan kerajaan Majapahit ditemukan oleh seorang warga Madiun. Penemuan ini bermula tatkala Toyipur (54), warga Dusun Ngurawan RT 45 RW 14, Kecamatan Dolopo, Kab. Madiun mencangkuli tanah di belakang rumah untuk menguruk pada hari Sabtu (14/9/13).

Saat mencangkul, mata cangkul Toyipur pun menghantam benda keras. Lantas dia berhenti dan memanggil beberapa orang tetangga untuk ikut membantu mengambil benda itu. Begitu tanah makin digali, terkuaklah tiga bongkahan batu berukir yang berbentuk seperti susunan candi. Demikian menurut lansiran dari LensaIndonesia.

batu candi peninggalan kerajaan Majapahit √  Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun
Menurut Mujarot, seorang kuncen sekaligus perangkat desa di sana, benda-benda itu berasal dari peninggalan Kerajaan Ngurawan di bawah raja Raden Lembu Gumarang. Menurut keyakinan para warga, Kerajaan Ngurawan merupakan bagian dari Kerajaan Majapahit.

Anda juga bisa membaca: kumpulan cerita rakyat dan cerpen horor.

Antor Purba, seorang pemerhati benda purbakala mengungkapkan bahwa benda yang ditemukan Toyipur adalah Dewa Baruna dan semacam pancuran air yang bentuknya mirip di Pendopo Kabupaten Madiun. Pun demikian, hal ini masih perkiraan, dia belum dapat memastikannya. "Kita berharap semoga pemerintah memberikan perhatian terhadap penemuan peninggalan kerajaan masa lalu khususnya di Kabupaten Madiun,' tuturnya.

Benda purbakala temuan Toyipur memang bukan yang pertama kali ditemukan. Ada beberapa penemuan serupa. Misalnya, di dusun yang sama tapi di lokasi berbeda pernah ditemukan struktur candi persegi panjang, yoni, serta arca batu tanpa kepala. Sayangnya, keberadaan benda-benda purbakala itu kini entah ada di mana.

Menurut Mujarot, ini karena penduduk yang menemukan benda-benda purbakala di Desa Ngurawan telah menjualnya. Sebab, mereka tak paham benda apa itu dan difungsikan untuk apa. Lebih sayangnya lagi, benda-benda itu sendiri belum sempat dilaporkan ke dinas terkait.

Sumber: LensaIndonesia


Penutup Artikel √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun

Demikian artikel √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/tiga-batu-candi-peninggalan-kerajaan.html

Artikel √ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun ini kami arsipkan pada kategori Berita.

Post a Comment for "√ Tiga Batu Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Ditemukan Warga Madiun"