Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada

√ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Admin, Artikel Cerita Rakyat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada. Selamat menambah wawasan!

√ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada

Saya mendengar La Galigo pertama kali dua tahun silam, saat sejumlah media sibuk berbicara tentang sebuah naskah kuno berjudul I La Galigo. Waktu itu, saya belum tertarik untuk menuliskannya dan baru memiliki gambaran besarnya. Namun, beberapa hari ini, saya (admin Cerita Rakyat) memilih mengambil tema ini sebagai satu postingan menarik di blog yang saya kelola sejak pertengahan 2012 lalu. Tapi, saya hanya mengantarkan teman-teman blogger untuk hanya mengenal gambaran besar naskah tersebut. Karena, jujur saja saya belum pernah sekalipun membaca naskah I La Galigo, baik versi tulis ulang, versi novel, apalagi teks asli.

 Saya mendengar La Galigo pertama kali dua tahun silam √  I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada

Jadi, apa itu I La Galigo? Menurut yang saya dapatkan di Indonesiabuku.com. 
Naskah I La Galigo merujuk pada manuskrip kuno milik Suku Bugis yang ditemukan pada abad ke-12. Dengan tebal lima ribu halaman, I La Galigo diakui dunia sebagai karya sastra terpanjang yang pernah ada. Selama berabad-abad, naskah itu dihapal dan dilestarikan oleh Bissu (komunitas spiritual pemegang teguh adat Bugis kuno). Walaupun kini, keberadaan mereka hampir punah.
I La Galigo sendiri saat ini menjadi salah satu bahan kajian yang paling menarik dalam studi sastra, budaya, dan agama di universitas-universitas Barat. Beberapa tahun lalu, epik yang lebih panjang dari Ramayana maupun Mahabarata ini dipentaskan keliling dunia oleh sebuah grup teater asing. Beberapa bagian naskah I La Galigo bercerita mengenai bencana alam. Naskah itu juga bercerita tentang proses penciptaan dunia dan sejarah konflik umat manusia.
Pada kenyataannya, banyak juga masyarakat Sulawesi Selatan yang belum mengetahui tentang manuskrip I La Galigo. Padahal, manuskrip tersebut karya dan milik mereka. Ironis memang. Walau begitu, pada 2011, Toyota Foundation berniat membuat I La Galigo versi komik. Apakah itu terlaksana? Saya belum mendapat sumbernya. 

Kiranya, begitu saja artikel perkenalan tentang I La Galigo yang bisa saya suguhkan pada teman-teman blogger sekalian. Semoga bermanfaat.

Referensi: [I:Boekoe] Indonesia Buku


Penutup Artikel √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada

Demikian artikel √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/i-la-galigo-karya-sastra-terpanjang.html

Artikel √ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada ini kami arsipkan pada kategori Admin Cerita Rakyat.

Post a Comment for "√ I La Galigo, Karya Sastra Terpanjang yang Pernah Ada"