Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api

√ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api - Selamat berjumpa kembali sahabat SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, Senang dapat bertemu anda kembali untuk membahas materi atau artikel √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga pembahasan postingan atau artikel kategori Artikel Dongeng, yang kami tulis ini dapat anda pahami. Tanpa memperpanjang basa-basi lagi, kami sampaikan selamat membaca.

Seberapa dalam artikel √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api ini dapat kami bahas dan jabarkan kepada anda, kiranya tidak mengurangi makna. Kami hanya berpesan kepada pembaca SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM, jadikan artikel kami ini sebagai materi tambahan. Jika masih kurang lengkap, pembaca dapat menambah wawasan dengan mencari artikel serupa diblog lainnya atau menanyakan langsung kepada pakar yang mahir dengan masalah √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api. Selamat menambah wawasan!

√ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api

Pada malam Natal, ketika orang-orang sedang bergembira menyambut hari Natal, seorang gadis kecil berjalan tersuruk-suruk. Gadis ini adalah penjual korek api. Seharian ini, belum satu korek api pun terjual. Kaki-kakinya yang kecil dan pakaiannya yang compang-camping tak kuasa menahan dinginnya malam itu. Terlebih dia belum makan dan sepasang sepatunya dibawa kabur seseorang. Dia belum bisa kembali ke rumah sekarang. Ayahnya pasti akan memukulinya karena dia belum menjual satu korek pun.

Sambil melawan rasa dingin, gadis kecil itu terus berjalan. Hingga akhirnya dia sampai di sebuah jendela rumah seseorang. Dari luar gadis itu melihat orang-orang di dalam rumah sedang tertawa penuh kebahagiaan. Dalam hati, dia bergumam jika dulu rumah seperti itu, sebelum ibunya meninggal.

Angin dingin malam itu berhembus. Membuat tubuh gadis kecil itu menggigil kedinginan. Untuk menghangatkan tubuh, dia mengambil korek api dan menyalakannya. Saat korek nyala, seolah terjadi keajaiban, di mata gadis kecil itu terlihat sebuah tungku api yang menyala. Gadis itu buru-buru menghangatkan tangannya. Ketika korek padam, maka tungku itu pun menghilang.

Gadis itu buru-buru menyalakan korek berikutnya, dia melihat makanan yang banyak. Perutnya yang keroncongan membuatnya ingin mengambil salah satunya. Belum diambil, korek api keburu mati, sehingga makanan pun ikut menghilang. Berikutnya pun sama, waktu menyalakan korek api berikutnya, dia melihat pohon natal yang sangat indah. Dan ketika api padam, pohon natal itu juga menghilang.

Di saat seperti itu si gadis kecil melihat bintang jatuh. Gadis itu kemudian teringat cerita dongeng dari neneknya yang mengatakan jika ada bintang jatuh itu berarti ada orang yang meninggal. Di dalam hati kecilnya, dirindukannya sang nenek. Kemudian gadis itu menyalakan lagi sebatang korek, berharap bisa bertemu nenek. Benar saja, begitu korek menyala sang nenek muncul dalam pandangan si gadis.

orang sedang bergembira menyambut hari Natal √  Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api

"Nenek!" teriaknya, "Bawalah aku pergi ke tempat dimana tak ada dingin dan banyak makanannya. Aku tahu, saat api ini padam nenek akan menghilang, sebagaimana tungku pemanas dan makanan tadi. Aku akan kehilangan semua."

Karena takut neneknya pergi, sebelum api mati, gadis kecil itu mengambil sisa korek yang dimilikinya. Lalu, menyalakannya semua. Sebab, dia ingin menahan neneknya dalam pandangannya selamanya.

Tiba-tiba, nyala korek api makin terang, terus benderang bak di siang hari. Nenek gadis itu menatap penuh kasih sayang, lalu mengangkatnya ke dalam pelukannya. Akhirnya, keduanya terbang - makin lama makin tinggi. Mereka pergi ke sebuah tempat yang hangat, yang memiliki banyak makanan.

***

Keesokan harinya, ketika Natal tiba, orang-orang yang berada di sekitar rumah tersebut menemukan gadis kecil ini tengah bersandar pada dinding dalam keadaan meninggal. Di wajahnya yang kemerahan terkembang senyum yang terlihat sangat bahagia. Sementara di tangan kanannya masih tergenggam bekas korek api yang habis terbakar.

-------

Keterangan:
"Gadis Penjual Korek Api" merupakan dongeng bahasa Inggris, yang sudah digubah dan diterjemahkan dari salah satu karya Hans Christian Andersen berjudul "The Little Match Girl".


Penutup Artikel √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api

Demikian artikel √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api kali ini, semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua pembaca blog SMK NEGERI 1 SERI KUALA LOBAM. Allright, sampai jumpa pada postingan artikel lainnya.

Baru saja anda membaca artikel √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api dengan alamat link https://smkn1serikualalobam.blogspot.com/2010/01/cerita-dongeng-gadis-kecil-penjual.html

Artikel √ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api ini kami arsipkan pada kategori Dongeng.

Post a Comment for "√ Cerita Dongeng: Gadis Kecil Penjual Korek Api"